SoLeLands Platform Edukasi Berbasis Permainan Bagi Anak, Mendukung Pemerintah Siapkan Generasi Emas 2045

 

Jakarta, BeritaInn.com – Saat ini sering kita jumpai anak-anak sudah banyak yang menggunakan gadget, tapi sayangnya mereka menggunakan gadget hanya sekedar untuk main games dan membuka aplikasi berupa video. Untuk itulah SoLeLands hadir untuk membantu para orangtua serta pemerintah agar anak-anak Indonesia bisa lebih mengetahui minatnya masing-masing.

SoLeLands adalah platform edukasi berbasis permainan asli buatan Indonesia menjawab solusi orang tua dan guru untuk membantu dalam menemukan potensi dalam diri anak agar siap menghadapi tantangan di masa depan. Dalam laporan World Economic Forum 2020 bertajuk The Future of Job menyebutkan bahwa, 65% anak yang masuk di sekolah dasar hari ini pada akhirnya di masa depan anak akan bekerja dalam jenis pekerjaan yang baru dan belum ada sebelumnya.

Untuk itu, SoLeLands platform edukasi berbasis permainan yang diciptakan untuk mendukung pola pengasuhan anak di jaman modern seperti sekarang ini dapat efektif membantu orang tua dalam mendidik dan mengasah potensi anak. SoLeLands menyediakan permainan yang aman dan menarik untuk anak yang dapat memicu rasa ingin tahu sehingga dapat menemukan minat yang relevan serta memungkinkan orang tua dan guru terlibat secara aktif untuk menemukan minat bakat serta keterampilan dan nilai yang dibutuhkan anak agar siap menghadapi tantangan di masa depan.

Jonathan Prathama selaku Co-Founder & Chief Executive Officer SoLeLands mengatakan, “Upaya kami untuk hadir lebih dekat dengan para orang tua dan juga anak kami wujudkan dengan hadir di Festival Musik dan Budaya Anak Indonesia, tentu harapan kami hadir di sini agar pesan kami tersampaikan, dalam mengajak orang tua dan anak terkait kesadaran bahwa tantangan di masa depan sangat berbeda dibanding tahun ini dan harus disiapkan sedini mungkin agar dapat menemukan passion dari anak dan siap menghadapi masa depan.”

Festival Musik dan Budaya Anak Indonesia yang digelar pada 9 – 10 Desember 2023 di Jakarta International Stadium memberikan panggung besar untuk budaya Indonesia dengan menargetkan 20.000 pengunjung dari anak Indonesia, guna membangkitkan kembali cinta, apresiasi, dan rasa bangga yang mendalam pada generasi muda atas warisan budaya yang kaya.

Siapkan Generasi Emas 2045, SoLeLands mengedepankan metode pembelajaran yang didukung sains praktis dan menyenangkan untuk anak

Sejalan dengan upaya pemerintah dalam menyiapkan Generasi Emas 2045, SoLeLands hadir dengan metode pembelajaran yang didukung sains praktis namun tetap memberikan pengalaman yang menyenangkan untuk anak dengan mengedepankan konten yang sudah dikurasi khusus untuk anak serta komprehensif yang mencakup kreativitas, pemecahan masalah, dan kompetensi.

Hingga saat ini, SoLeLands telah bekerjasama dengan Kemenparekraf (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) untuk menghadirkan konten original dari Kemenparekraf.

SoLeLands memahami rasa khawatir para orang tua dan guru saat ini bahwa, untuk mendidik anak generasi Alfa sangat berbeda dengan generasi sebelumnya, generasi Alfa dihadapkan dengan adopsi teknologi yang semakin tinggi di era transformasi teknologi digital. Para orang tua dan guru dituntut untuk memberikan paparan yang cukup atau stimulasi yang tepat untuk mendidik anak generasi Alfa terutama dalam upaya menemukan jati diri anak.

Kegelisahan para orang tua dan guru dapat dijawab dengan solusi dari SoLeLands. Selain untuk kebutuhan orang tua dalam memantau aktivitas anak mengakses SoLeLands di lingkungan rumah, SoLeLands juga menyiapkan platform khusus bagi sekolah yang ingin memiliki ruang belajar dengan memiliki akun khusus sekolah. Sehingga pihak sekolah dapat membantu siswa-siswinya belajar menggunakan SoLeLands dan guru dapat memantau dan mengevaluasi kegiatan siswa selama mengakses SoLeLands. SoLeLands menyediakan Talent Manager Tool berupa dashboard khusus agar orang tua dan guru dapat memantau aktivitas anak selama mengakses SoLeLands dan mengevaluasi agar dapat mengenal anak lebih jauh.

SoLeLands memahami aspek penting dalam perkembangan anak di berbagai bidang seperti life skills, budi pekerti, kecerdasan, dan kompetensi harus diupayakan sejak dini. Sejalan dengan itu, SoLeLands memanfaatkan teknologi dengan cara yang aman, platform edukasi berbasis permainan ini menerapkan genre permainan massively multiplayer online role-playing game (MMO RPG) untuk memberikan pengalaman belajar yang unik dan menarik, caranya melalui pengaturan terlokalisasi dan berbagai fitur yang secara objektif membantu dalam mengidentifikasi minat yang tepat bagi anak.

Lebih dari itu, SoLeLands menyajikan pembelajaran di lingkungan realitas atau synthetic environments yang dilengkapi berbagai landmark yang dikenal lebih akrab bagi anak, sehingga anak dapat memilih berbagai peran seperti menjadi inventor, ahli biologi, arkeolog, sejarawan, profesor ilmuwan, ilmuwan makanan dan gastronomy, dan juga jurnalis.

Salah satu fitur lainnya, memiliki batasan waktu bermain dengan akumulasi maksimal 90 menit dalam waktu satu hari sehingga dapat tetap menjaga keamanan anak dalam mengonsumsi konten yang tersedia bagi mereka. Terlebih adanya fitur percakapan antar anak dapat dibatasi dengan menggunakan template, sehingga percakapan anak tidak akan berkembang jauh dan akan tetap sesuai dengan percakapan yang cocok sesuai batasan usianya. Selama mengakses SoLeLands, dapat membantu anak memunculkan kesadaran pada diri anak, memiliki sikap mandiri, serta memiliki referensi yang baik untuk masa depan anak.

Perolehan pendanaan dorong SoLeLands dalam mengembangkan sistem aplikasi

Setelah mendapatkan pendanaan yang dipimpin oleh East Ventures dengan partisipasi dari SMDV pada bulan Juli 2023 lalu, SoLeLands platform edukasi berbasis permainan untuk anak yang berdiri sejak 2022 ini berkomitmen untuk menghadirkan kegembiraan dan pengalaman yang ajaib untuk anak serta memungkinkan anak-anak menikmati proses menemukan minat dan bakat ketika sedang bermain.

Dengan nilai yang dibawa oleh SoLeLands yaitu, inovasi, komunitas, keberagaman, dan optimisme. SoLeLands optimis dapat memberikan inspirasi, memupuk minat dan bakat anak sejak dini dengan metode belajar sambil bermain yang diyakini efektif untuk anak. Dilengkapi dengan simulasi permainan replika terdekat dari realitas yang bisa dihadirkan untuk anak di rumah agar dapat memacu anak untuk menjadi versi terbaik dari diri anak.

SoLeLands sejak pertama launching ke publik di Oktober 2023, dalam waktu kurang dari 2(dua) bulan telah membantu lebih dari 5.000 pengguna (anak). SoLeLands percaya dapat mengembangkan sistem aplikasi dan berekspansi bisnis di Asia Tenggara seperti Filipina dan Vietnam.

SoLeLands dukung brand partner hadirkan fitur khusus brand partner berupa imersif experience

Sejalan dengan semangat SoLeLands pada orang tua dan guru dalam mengasah potensi anak, SoLeLands juga mengajak bagi brand partner yang ingin meliterasi produk untuk anak dengan menarik melalui pembelajaran imersif experience. SoLeLands menyediakan SoLeLands in Games City yang merupakan cara SoLeLands dalam menceritakan nilai dari brand partner mencakup, mini games yang dapat menciptakan interaksi yang tinggi bagi anak, bangunan khusus bagi pemain untuk membeli aksesoris unik yang dapat diberi logo merek dari brand partner, komik berupa Ilustrasi untuk mengedukasi anak agar mengetahui tentang produk, teknologi atau nilai dari brand partner, serta terdapat Quest dan Quiz agar dapat menilai pemahaman bagi anak.

“SoLeLands optimis, kehadiran kami di industri dapat memberdayakan dunia pendidikan seraya mewujudkan cita-cita bersama yaitu menciptakan Generasi Emas 2045 dan dapat berkontribusi nyata pada proses pembelajaran yang lebih baik bagi anak dan generasi muda, sehingga kami dapat terus mengembangkan aplikasi yang lebih baik dan terus membuka kerjasama strategis bagi stakeholder kami,” tutup Jonathan Prathama selaku Co-Founder & Chief Executive Officer SoLeLands. [ALN]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *