Rangkaian HUT ke-35, FIFGROUP Salurkan Rp3,5 Miliar Dana Bergulir Bagi 800 UMKM

Jakarta, Beritainn.com, – Berstatus sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak ke-4 di dunia, Indonesia memiliki pasar yang luas dan beragam untuk berbagai produk dan jasa. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memegang peran penting dalam menghasilkan aneka produk dan jasa, sekaligus menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia.

Aneka peluang dan sekaligus tantangan itu memanggil PT Federal International Finance (FIFGROUP) dalam dukungannya bagi sektor mikro, kecil dan menengah. Sebagai salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk (Astra) dan juga bagian dari Astra Financial, FIFGROUP terus berkomitmen dalam hal pengembangan UMKM. Hal ini sekaligus menjadi bentuk dukungan terhadap Aspirasi Sustainability Astra melalui strategi keberlanjutan Triple-P Roadmap Astra yang terdiri atas pilar Portfolio, People, dan Public Contribution.

Bentuk dukungan tersebut khususnya terhadap pilar Public Contribution, dilakukan melalui implementasi program Corporate Social Responsibility (CSR). Lewat FIFGROUP Sejahtera dengan Penyaluran Dana Bergulir, FIFGROUP menyalurkan dana bergulir senilai Rp3,5 miliar bagi 800 pelaku UMKM di tahun 2024. Penyaluran ini dirangkai dengan perayaan ulang tahun FIFGROUP yang ke-35 tahun.


Program ini ditandai lewat kegiatan Kick Off bertajuk “UMKM Tangguh, Ekonomi Tumbuh” pada Kamis, 6 Juni 2024 yang digelar secara hybrid di Menara FIF, Jakarta Selatan yang diikuti seluruh pelaku UMKM binaan di seluruh Indonesia. Selain penyaluran dana bergulir tanpa bunga, terdapat juga pembinaan dan pengembangan lewat kolaborasi bersama Astra, yayasan yang berada di naungan Grup Astra, yayasan non Astra, serta pemerintah daerah. Acara dibuka dengan kata sambutan oleh Corporate Affairs Astra, Riza Deliansyah, dan Direktur FIFGROUP, Esther Sri Harjati.

Esther mengatakan : “Kegiatan ini untuk mendukung Environment, Social, and Governance (ESG) dengan mendorong penerapan program keberlanjutan Sustainability Development Goals (SDGs) poin ke-8, yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi. FIFGROUP, sejak 2016 hingga hari ini, berupaya untuk terus membantu para pelaku usaha UMKM melalui program dana bergulir dan berbagai pelatihan serta pembinaan untuk mendorong seluruh UMKM Binaan dapat berkembang dan naik kelas.”

Adapun Riza dalam sambutannya menyampaikan : “Saya sungguh mengapresiasi FIFGROUP yang berinisiatif mengajak yayasan Grup Astra untuk berkolaborasi memajukan dan mengembangkan UMKM binaan di lingkungan Grup Astra melalui pembinaan dan pengembangan UMKM. Pembinaan dan pengembangan UMKM tersebut dapat dikelompokkan ke dalam tiga hal besar yang berbasis supply chain, kawasan dan komunitas dengan penekanan pada keberlanjutan untuk mengoptimalkan dampak dan manfaat bagi masyarakat. Semoga kegiatan seperti ini terus dapat dilaksanakan demi memberikan kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia.”

Hadir dan memberikan sambutan singkat juga secara berturut manajemen yayasan Grup Astra, yaitu Environment Social Responsibility (ESR) Division Head PT Astra International Tbk, Diah Suran Febrianti; Ketua Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA), Rahmat Samulo; Ketua Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR), Gunawan Salim; Ketua Yayasan PT Astra Honda Motor (YAHM), Ahmad Muhibbuddin; dan Kepala Divisi Kemitraan Yayasan Amaliyah Astra, Tira Ardianti.

Kisah motivasional dari Suyanto, pengrajin box hampers dan kotak kado, yang membagi cerita dan semangat untuk pantang menyerah. Dengan keberadaannya sebagai tuna daksa, bukan menjadi alasan bagi Suyanto menyerah pada keadaan, namun terus berusaha mengalahkan kerasnya dunia dengan menghasilkan berbagai box hampers dan kotak kado yang cantik serta menarik.(Chintya)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *